Kamis, 09 Januari 2014

Uniknya Oarfish Ular Laut Langka

Oarfish adalah salah satu jenis ikan unik dan langka. Beberapa waktu yang lalu rupanya si ikan langka ini ditemukan dalam keadaan yang masih hidup. Mengapa oarfish termasuk ikan yang langka? Sebab, oarfish memiliki kemampuan yang sungguh luar biasa dan tidak dimiliki oleh ikan jenis lainnya, yaitu mampu mendeteksi gempa! Ikan ini dapat hidup pada kedalaman hingga 1.000 meter di bawah permukaan air laut.
Lalu, mengapa oarfish juga sering disebut orang sebagai si ular laut? Hal itu disebabkan, jika kita perhatikan melalui bentuk tubuhnya, kita sudah dapat melihat bentuk ikan jenis ini yang menyerupai seekor ular laut.

Bahkan, karena bentuknya yang unik tersebut, tak jarang orang yang melihatnya akan menyebut ikan langka ini sebagai monster. Untuk pertama kalinya, oarfish ditemukan pada tahun 1860 silam di Pantau Bermuda. Pada saat penemuan tersebut, ikan langka ini memiliki panjang kurang lebih sekitar lima meter.

Sementara itu pada tahun 2011 kemarin di saat bencana alam tsunami dan gempa bumi melanda negara Jepang, sistem keamanan yang ada di sana memang sudah bekerja dengan lebih baik. Maka dari itu, masih banyak jiwa-jiwa yang mampu diselamatkan dam meminimalisasikan jumlah jatuhnya korban. Akan tetapi, tahukah Anda jika teknologi yang digunakan itu masih kalah unggul jika dibandingkan dengan kemampuan yang dimiliki si ulat laut langka ini?

Ya, oarfish bahkan dipercaya sudah terlebih dulu merasakan adanya tanda-tanda datangnya bencana alam tersebut satu minggu sebelumnya. Kawanan dari sekelompok oarfish itu ditemukan terdampar di pinggir pantai Jepang 7 hari sebelum bencana tsunami dan gempa bumi dahsyat tersebut menyapu bersih daerah pantai di timur negeri berjuluk Sakura itu. Oarfish tidak hanya ditemukan sudah terdampar di sepanjang pantai saja, tetapi ada juga beberapa ekor yang justru tersangkut di jaring-jaring para nelayan. Selain itu, fakta lain yang dapat membuktikan kemampuan luar biasa dari oarfish ini juga terjadi pada tahun 2010 lalu, pada saat gempa besar melanda di Haiti dan Chili, sekelompok oarfish juga bermunculan di permukaan laut sebelum bencana itu datang.

Akan tetapi, Anda tidak perlu merasa khawatir dengan keberadaan ikan langka ini. Sebab, oarfish termasuk hewan yang tidak berbahaya. Ia akan menyantap plankton dan tidak akan menyerang manusia. Oarfish juga tidak memiliki sisik pada bagian tubuhnya sehingga tidak membahayakan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar