Senin, 15 Juli 2013

Yang Unik Soto Babon di Mampang Prapatan

Soto babon (nama yang unik. Ha.ha..) yang dijual di Jalan Mampang Prapatan Raya No. 9 memang sudah cukup populer. Anda tenang saja, soto ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan hewan baboon yang berasal dari Afrika. Soto babon initerasa enak dan sangat gurih berkat kuah kentalnya yang berisi sapi, bihun, daging ayam, kecambah, dan juga kol. Tentu saja soto gurih ini akan semakin sempurna ketika dicampurkan dengan satu sendok sambal yang menggigit lidah.

Apakah Anda penasaran mengapa dinamakan soto babon? Babon yang dimaksud merupakan sebutan lain dari ayam indukan. Daging babon juga memiliki tekstur yang lebih kenyal, dan biasanya mempunyai berat yang lebih besar jika dibandingkan dengan ayam biasanya. Sementara itu kuah gurihnya menggunakan racikan khas seperti yang digunakan untuk membuat soto Lamongan dan sudah banyak dijual di daerah Malang dan di sekitarnya.

Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan gerap soto babon yang terletak persis di depan bank BRI atau bekas restoran Sederhana. Soto babon memiliki kuah yang lebih kental dan berwarna keruh sesuai dengan penggunaan rempah-rempahnya yang banyak.Warung makan ini mulai beroperasi pada pukul 17.00 dan tutup 24.00. Menu yang disajikan antara lain sotobabon, nasi putih, aneka sate seperti sate kerang, telur, dan usus. Seporsi soto babon dan satu piring nasi putih bisa kita santap dengan merogoh kocek sebesar Rp. 11.000,- saja, relative murah bukan?

Soto babon diberi kuah yang berwarna coklat keruh dengan isi yang melimpah.Selain itu juga terdapat limpahan koya, yang merupakan campuran antara bawang putih dan kerupuk udang yang membuat rasanya menjadi lebih gurih. Maka dari itu tekstur yang disajikan menjadi sangat unik, lantaran tidak semulus di lidah seperti menyantap kuah soto pada umumnya. Pada saat menyantapnya, kita bisa merasakan kres-kres gurih seperti serundeng.

Sedangkan aroma yang mengudara juga sangat mewangi semerbak sehingga menambah selera makan kita.Soto babon ini memiliki keunggulan pada kaldunya yang terasa gurih dan pekat.Ayam indukan tua ini adalah bahan pembuat kaldu yang paling bagus, terlebih lagi dagingnya juga cukup tebal sehingga sangat cocok dijadikan sebagai isi soto. Sudahkah Anda mencoba soto babon ini?

Sekian ulasan tentang kuliner nya. Mau baca humor terbaru? Lihat juga dua artikel Humor Lucu dan Cerita Lucu di blog ini.Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar